.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Rabu, 28 November 2018

2018, PDAM Balikpapan Alami Peningkatan Layanan Pelanggan Sekitar 20 Persen

BALIKPAPAN, NMK- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)  Tirta Manggar Kota Balikpapan telah selesai melakukan Survei Kepuasan Pelanggan 2018, untuk menerapkan Sistem Manajemen Terpadu salah satunya ISO 9001:2015

Pelaksanaan yang dilakukan kurang lebih selama tiga bulan sejak bulan September hingga tanggal 27 November 2018 ini, sudah menunjukkan hasil terhadap tingkat kepuasan Pelayanan PDAM kepada pelanggannya. 

Menurut Direktur Utama PDAM Balikpapan Haidir Effendi, survei ini telah menunjukkan kondisi nyata pelayanan air bersih PDAM kepada pelanggan di Kota Minyak selama satu tahun terakhir.

Kegiatan survei yang dilaksanakan secara random dengan data pelanggan atau koresponden yang sudah ditentukan sebanyak 2.500 sambungan rumah.

"Hasil survei akan menjadi rujukan PDAM untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat,” ujar Haidir

Untuk mendapatkan hasil objektif, terang Haidir, PDAM menggandeng pihak ketiga dalam pelaksanaan survei kepuasan pelanggan. 


“Dalam melakukan survey, kami menggandeng Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang sebagai konsultan pelaksana survey dan Akatirta merupakan Yayasan Oendidikan Air Minum yang menjadikan rujukan bagi PDAM se-Indonesia, dibawah pimpinan Awaluddin Setya Aji, S.T., M.ENG., IPM", terangnya pada acara Paparan Hasil SKP dan Penutupan Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan Tahun 2018, Selasa (27/11).

Awaluddin Setya Aji, S.T., M.ENG., IPM, mengatakan, sebagaimana yang perlu diketahui bersama bahwa hasil SKP tahun 2018 dapat disimpulkan terjadi perubahan terhadap penilaian dan tingkat kepentingan pelanggan terhadap pelayanan PDAM Kota Balikpapan.

"Pada tahun 2017, sangat puas 5,70% mengalami kenaikan menjadi 19,56% tahun 2018, kemudian cukup puas di tahun 2017 : 51,71% menjadi 51,04% tahun 2018, dan puas : 37,85% tahun 2017, menjadi 23,89% di tahun 2018", urainya.

Haidir menambahkan, hasil survey ini harus menjadi semangat bagi PDAM Kota Balikpapan untuk terus meningkatkan pelayanan yang profesional kepada pelanggan, agar pada tahun berikutnya perusahaannya menjadi lebih baik.

Dalam sambutannya Haidir mengajak kepada seluruh Pegawai PDAM Kota Balikpapan agar nilai SKP 2018 ini, menjadi cambuk bagi semua pegawai untuk terus bekerja dan bekerja.

"Bekerja dengan semangat yang luar biasa, selalu ber-inovatif, kreatif dan disiplin, bersama-sama membangun dan mengelola bisnis PDAM menjadi bermanfaat bagi Masyarakat dan pelanggan dengan semangat PDAM yang Ramah, Cepat dan Berkualitas," paparnya.

Kendati demikian Haidir mengakui, masih ada kekurangan dalam pelayanan PDAM Kota Balikpapan. 

Namun demikian PDAM tetap berkomitmen untuk selalu berupaya memberikan pelayanan prima kepada pelanggan, sebagaimana kebijakan Mutu PDAM Kota Balikpapan.

“Mengupayakan kepuasan pelanggan melalui  standar mutu terbaik, handal dalam pekerjaan, prima dalam pelayanan serta melakukan pengembangan yang berkesinambungan," tandasnya. (naim/rilis).

Tidak ada komentar: