Kasubag Customer Service PDAM Balikpapan Suryo Hadi Prabowo menjelaskan, faktor-faktor yang biasa terjadi adalah terjadinya kerusakan atau kebocoran setelah meter air (kran-kran dalam peralatan lainnya pada instalasi pipa persil).
“Ini yang harus selalu dicek. Sebab, meter airnya akan berjalan kencang dan mempengaruhi pemakaian,” kata Suryo memberikan keterangan pers kaitan bagaimana pelanggan bijak dan tetap teliti dalam pemakaian air bersih PDAM.
Selain itu ujar Suryo, kelalaian yang tak disengaja seperti lupa untuk menutup kran air juga hal ini meningkatkan volume penggunaan air, sehingga berpengaruh pada tagihan di akhir bulan. “Juga harus menghindari pemakaian langsung melalui kran. Seperti mencuci kendaraan roda dua atau empat. Karena, itu juga faktor penyebabnya. Sebaiknya ditampung saja dulu di ember atau bak,” pinta Suryo.Pelanggan juga harus terus teliti. Tak masalah jika harus konfirmasi ke PDAM. Sebab ada beberapa hal atau faktor lain yang juga dapat mempengaruhi lonjakan tagihan seperti di antaranya jumlah penghuni bertambah, pemakaian air di luar kebiasaan seperti saat pesta dan acara lainnya. “Ada pula yang renovasi rumah atau menyuplai air ke pihak lain. Ini yang sering tak disadari oleh pelanggan,” urai Suryo.
Oleh karenanya kata Suryo, untuk melakukan pengecekan apakah terjadi kebocoran dengan memerangi kebocoran itu adalah pastikan bahwa seluruh kran di dalam rumah dalam posisi off (tertutup), pastikan bahwa valve/katup yang terdapat pada (sebelum dan sesudah) meter air dalam keadaan on (terbuka/berjalan). Apabila jarum berputar maka terdapat bocor jaringan dalam pipa pelanggan.
“Jika itu terjadi, menutup atau mematikan kran setelah meter air. Atau hubungi customer service PDAM di sejumlah hotline seperti 0816200110 (SMS), 0542-878991/878992 (call centre), Save PDAM Balikpapan (Facebook) atau tirtamanggarbalikpapan (Instagram),” pintanya.
Dalam kaitan mempermudah pelayanan, PDAM sudah jauh-jauh hari memiliki sosial media. Sehingga, bagi pelanggan tak perlu khawatir memanfaatkan sarana komunikasi itu.
Indikasi untuk mengecek kebocoran lainnya kata Suryo adalah, apabila kebocorannya pipa dalam rumah gunakanlah kran berwarna merah yang berada di meteran sebagai emergency stop.
“Jika terjadi kerusakan di rumah, maka segera mungkin mengambil tindakan. Yakni melaporkan ke kantor PDAM di Jalan Ruhui Rahayu (dekat Taman Tiga Generasi) atau ke hotline somed tadi melalui CS (Customer Service),” ujar Suryo.
Hanya kepada pelanggan diingatkan, biaya perbaikan kerusakan dan atau kebocoran setelah meter air merupakan tanggung jawab pelanggan. “Saya menekankan ini, silakan berhubungan dengan petugas di lapangan nantinya. Atau laporan anda akan diproses dan diinformasikan setelah pengecekan di lapangan,” pungkas Suryo. (naim)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar