.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Sabtu, 23 Desember 2017

Cegah Genangan Saat Hujan, UPT DPU Fokus Bersihkan Tali Air

BALIKPAPAN, NMK-Guna menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas banjir terutama di jalan-jalan protokol seperti Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ahmad Yani, maka Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) rutin melakukan pembersihan saluran drainase, seperti yang dilakukan petugas UPT, belum lama ini.

Kepala UPT DPU Kota Balikpapan Misransyah mengatakan rencananya seluruh akses drainase yang berada di jalan Jenderal Sudirman akan dilakukan pembersihkan oleh petugas UPT, dimana yang difokuskan pembersihan pada tali-tali air yang menjadi pembuangan air ke saluran drainase.

“Sudah beberapa hari ini petugas memang kita minta fokus bersihkan tali-tali air di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman,” ujar Misransyah kepada media ini, belum lama ini.

Ia menambahkan proses pembersihan tersebut bertujuan, agar disaat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kota Balikpapan tidak ada lagi kawasan di Jalan Jenderal Sudirman yang tergenang air.

“Sudirman kan jalan utama, jadi jangan sampai akses jalan yang dipusat kota malah tergenang banjir,” sambungnya.

Selain di lingkungan jalan Jenderal Sudirman, pihak UPT juga akan melakukan pembersihkan saluran drainase di jalan Ahmad Yani terutama di dekat Tugu Adipura yang memang kondisi sedimen tanah di kawasan tersebut sudah mulai meninggi.

“Petugas juga sudah kita arahkan bersihkan drainase di Tugu, tapi untuk sementara hanya sebatas manual dibersihkan petugas langsung,” terangnya.

Saat ini UPT belum bisa menurunkan alat berat ekskavator di kawasan Tugu, mengingat dua alat berat milik UPT lagi membersihkan sedimen di Sungai sepinggan.



“Mudah-mudahan yang di sungai sepinggan cepat selesai sebelum akhir tahun, jadi alata berat bisa kita langsung pindahkan ke tugu untuk bersihkan saluran drainase dan bozem yang ada di Tugu Adipura,” pungkasnya. (naim)

Tidak ada komentar: