.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Sabtu, 02 November 2019

Ingin Edukasi Pelajar Cinta Lingkungan, BP Jamsostek Gelar Employee Vlounteering dengan SDN 003 Balikpapan Tengah


Balikpapan,  NMK- Banyak cara yang dilakukan dalam kepedulian terhadap lingkungan,  guna melestarikan lingkungan agar tetap alami dan berkonstribusi positif bagi kehidupan makhluk lainnya terutama ummat manusia. 

Salah satu dari cara itu adalah kegiatan Employee Vlounteering  yang dilakukan Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) Cabang Balikpapan bersama dengan SDN 003 Balikpapan Kecamatan Balikpapan Tengah pada Sabtu (2/11).


Kegiatan peduli lingkungan ini,  mengusung tema BP Jamsostek Peduli Lingkungan Sekolah Dasar dihadiri Kepala Kantor BP Jamsostek Cabang Balikpapan Kusumo beserta sejumlah stafnya dan Kepala SDN 003 Balikpapan Tengah   Jaka Pramono juga bersama sejumlah guru pengajar serta murid-murid kelas V dan VI sekolah tersebut. 


Adapun agenda kegiatan kepeduilan lingkungan ini adalah menghiasi pot bunga, tanaman dan kebersihan lingkungan yang dilakukan langsung oleh murid-murid SDN 03 Balikpapan Tengah.

Dalam kegiatan Employee Volunteering ini BPJamsostek menyerahkan bantuan 5 pot dan 5 tanaman hias. Kemudian mengajak siswa siswi untuk melakukan kebersihan lingkungan serta menghias pot-pot tanaman yang ada dilingkungan sekolah. Kegiatan di ikuti oleh sedikitnya 50 siswa siswi kelas V dan kelas VI.

Dalam sambutannya Kusumo mengatakan ini merupakan wujud kepedulian BP Jamsostek terhadap lingkungan sekolah, khususnya Sekolah Dasar. 

"Kami juga mempunyai kegiatan di sekolah dan salah satu wujudnya adalah employee vlonteering ini dengan melibatkan langsung para siswa", ungkap Kusumo. 

Lebih jauh Kusumo mengatakan, pihaknya sengaja memilih SDN 003 Balikpapan Tengah karena telah memiliki prestasi di bidang lingkungan, baik secara nasional ataupun di tingkat lokal. 

"Kami memilih SDN 003 Balikpapan Tengah ini karena di tingkat nasional telah mendapat penghargaan Adiwiyata dan pada level lokal telah menadapat Adiwiyata mandiri sekolah pengendalian mutu" jelas Kusumo saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan Employee Vlounteering BP Jamsostek di SDN 003 Balikpapan Tengah Sabtu (2/11).

Untuk itulah,  lanjut Kusumo pihaknya hadir untuk mengedukasi siswa siswi SDN 003 Balikpapan Tengah dengan dipandu para staf dari BP Jamsostek Balikpapan agar sekolah tersebut lebih indah dan nyaman lagi dihuni. 


Sementara itu, Jaka mengatakan pihaknya melibatkan sebanyak 50 orang murid dari kelas V dan VI dalam kegitan bernuansa kepedulian  lingkungan ini. 

"Sebagaimana arahan dari BP Jamsostek Balikpapan agar kami melibatkan sedikitnya lima orang siswa setiap kelas, jadi kami ikutkanlah mereka sebanyak 10  ruang kelas dari kelas V dan VI", ungkap Jaka saat ditemui sejumlah media di ruang kerjanya. 

Selain itu, Jaka katakan pihaknya sangat mendukung dan merespon kegiatan seperti ini. " Kami atas nama pimpinan sekolah sangat memotivasi dan merspon kegiatan seperti ini.  Apalagi redaksinya peduli lingkungan. 

Kedekatan kedua lembaga yang berbeda ini sangat signifikan dalam rangka saling berkonstribusi satu sama lain. 

Seperti yang dikemukakan Jaka,  bahwa di sekolah yang dipimpinnya saat ini mempunyai banyak guru honorer yang perlu diikutkan dalam kepesertaan BP Jamsostek. 

"Apalagi sekolah kami banyak guru honorernya, yakni sebanyak 35 dari 55 orang yang mengabdi di sini. Selebinya 20 orang berstatus Pegawai Negri Sipil (PNS). Jadi kegiatan ini sangat menunjang dan memotivasi anak-anak sekolah untuk berkarya serta berimajinasi untuk menciptakan lingkungan bersih, indah, aman, nyaman dan rapih menuju sekolah ramah anak", jelas Jaka.

Lebih-lebih lagi, tambah Jaka, sekolah yang dipimpinnya ini adalah sekolah Adiwiyata tingkat nasional, baik itu Adiwiyata Mandiri maupun sebagai sekolah budaya mutu. 

"Kegiatan ini tentunya sangat menunjang dan memotivasi siswa siswi untuk berkarya, karena kegiatan ini juga berkaitan dengan salah satu pelajaran di sekolah kami ini sebagai sekolah “piloting” (percontohan) kurikulum 2013 (K13). K13 ini terkait dengan mata pelajaran SBDP (Seni Budaya Dan Prakarya),”ujar Pramono

Semoga melalui kegiatan peduli lingkungan ini, Jaka berharap dapat menarik siswa siswinya di sekolah dalam melatih diri untuk peduli dengan lingkungan dalam mempersiapkan sekolahnya menuju sekolah ramah anak. (naim)























Tidak ada komentar: