.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Selasa, 12 Maret 2019

PDAM Balikpapan Targetkan Sehari Selesai Perbaiki Pipa yang Keropos

BALIKPAPAN, NMK-PDAM Kota Balikpapan melakukan perbaikan pipa air baku atau pipa transmisi yang ada di waduk Manggar, Balikpapan.

Perbaikan pipa dilakukan oleh delapan pekerja dan diawasi langsung Direktur Teknik PDAM Kota Balikpapan, Arief Punawarman, beserta jajarannya.

Perbaikan pipa yang berada di kedalaman sekitar empat meter tersebut dilakukan mulai pukul 10.00 Wita.

Hingga pukul 17.00 Wita, perbaikan masih terus dilakukan.

Direktur Teknik PDAM Kota Balikpapan, Arief Punawarman, menjelaskan, perbaikan pipa transmisi tersebut dilakukan karena adanya pipa yang mulai keropos.

Sehingga dilakukan penutupan pada pipa yang keropos tersebut agar tidak terjadi kebocoran.

"Pipanya ini kan terbuat dari besi dan ada masa usianya, kita perbaiki di titik yang mulai keropos. Perbaikan ini ditargetkan selesai satu hari ini," ujarnya saat meninjau langsung proses perbaikan, Senin (11/3/2019).

Lanjutnya, dampak dari perbaikan pipa transmisi tersebut, mengakibatkan air baku yang dikirim dari Waduk Manggar Kilometer 12, Balikpapan ke Instalasi Pengelolaan Air Minum (IPAM) Kilometer 8 Batu Ampar tidak mengalir.

"Untuk kilometer 8, sekitar 50 persen tak teraliri air selama perbaikan. Tapi sebelumnya kita sudah sosialisasikan ke warga bahwa akan ada perbaikan dan aliran air dihentikan sementara," ujarnya


Saat ditanya pasca perbaikan apakah sudah bisa mengalir lagi, Arief mengungkapkan, setelah dilakukan perbaikan, normalisasi kembali baik dari waduk manggar ke IPAM Kilometer 8 hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam saja.

Nah, dari IPAM ke rumah-rumah warga itu yang membutuhkan waktu lagi, tergantung waktu dan jarak serta tinggi rendahnya akses ke rumah warga itu," pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang petugas perbaikan pipa air baku tersebut, Darro menceritakan, sebelum melakukan perbaikan, para pekerja melakukan penggalian guna mencari saluran pipa. Diakuinya, proses penggalian pipa tersebut memakan waktu selama satu minggu.

"Kita menggalinya aja butuh waktu satu minggu untuk cari saluran pipanya. Setelah itu baru kita lakukan perbaikan," ucapnya. (naim)

Tidak ada komentar: