.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Rabu, 10 April 2019

PDAM Balikpapan Targetkan 40 Ribu Sambungan Baru Jika Waduk Teritip Beroperasi

  • Direktur Utama PDAM Balikpapan, Haidir Effendi
BALIKPAPAN – Operasionalisasi Waduk Tritip akan membuat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Balikpapan mendapatkan 40 ribu sambungan baru. Waduk Teritip akan beroperasi pada pertengahan tahun ini, karena saat ini masih proses pengisian air, dan pengolahan masih sedang berlangsung.
Direktur Utama PDAM Balikpapan, Haidir Effendi, menargetkan pertengahan tahun ini sudah dapat beroperasi dan dimanfaatkan untuk pelayanan air bersih. “Airnya sudah ada sebenarnya, cuma pengolahannya masih dalam penyelesaian. Harapannya mudah-mudahan sebelum pertengahan tahun ini sudah bisa dimanfaatkan,” ungkapnya, Kamis (4/4/2019).
Menurutnya, ada sedikit keterlambatan pengoperasian, dari yang direncanakan di awal tahun, namun saat ini proses pengolahan masih berlangsung. “Nah ini kita ada keterlambatan, rencana kemarin awal tahun sudah bisa dimanfaatkan,” sebut Haidir Effendi.
Jika Waduk Tritip sudah beroperasi, bisa melayani hingga 40 ribu sambungan. Namun di tahun ini, direncanakan melayani 5.000 sambungan baru. “Awal tahun ini kita bisa menambah sekitar 4.000-an untuk kota, disana itu paling tidak kita bisa ambil 1.000 sambungan baru, itu di luar pelanggan yang eksisting,” kata pria yang kembali menjadi Dirut PDAM periode 2019-2022 tersebut.
PDAM Balikpapan saat ini baru mampu memenuhi pelayanan kebutuhan air bersih sebanyak 78 persen. “Kalau berdasarkan rencana jangka panjangnya, target pelayanan 100 persen itu hingga 2023 nanti. Karena beberapa proses penyiapan air bersih masih terus dilakukan,” pungkasnya. (naim)

Tidak ada komentar: