.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Minggu, 30 September 2018

Pantai Nirmala dan Danau Cermin Indah Resmi Dilaunching

BALIKPAPAN, NMK - Sebuah destinasi baru yang mempesona dan menjajikan kini mulai dilirik sejumlah pihak di Balipapan Timur. Pantai Nirmala adalah salah satunya yang  dilaunching pada Minggu (30/9) oleh Camat Balikpapan Timur Kota Balikpapan.
Peluncuran destinasi wisata baru Pantai Nirmala ini dihadiri Wakil Ketua Komisi X  DPR RI H.Hetifa, Kadispora Ummi Facesly  dan Kadisdik Kota Balikpapan serta unsur Tripika Kecamatan Balikpapan Timur.
Acara ini dirangkai pula dengan  pengukuhan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang diketuai Mujib Ridwan.
Tak kalah menariknya, kegiatan ini dimeriahkan pula dengan beberapa acara lainnya, seperti carnaval mobil dan sepeda hias yang dilombakan dan ada pemenangnya, serta dandanan terheboh yang nggak mesti mahal tetapi kreatif bisa dari barang bekas.
Pokdarwis memiliki tugas mengembangkan wisata tersebut untuk jangka panjang, dan di bawah naungan Dinas Pariwisata langsung. Seperti tentang apa yang dijual untuk tarif retribusi di area wisata nantinya. Ini tak lepas dari keberadaan destinasi wisata Nirmala yang berbasis masyarakat.
Menurut Muhaimin ketika memberikan sambutannya,  agar kedepan pengembangan destinasi wisata ini tidak saja membangun nilai wisatanya tapi segi edukasi atau pendidikannya.
"Sehingga dengan adanya sinkronisasi program antara Disdik dan Dispora maka akan menciptakan sebuah hasil yang maksimal nantinya", jelas Muhaimin.
Sementara Hetifah menghimbau masyarakat  Lamaru agar anugrah tuhan berupa pantai sebaiknya dinikmati keberkahannya, bukannya menimbulkan kesan horor.
"Seperti diketahui Palu dan sekitarnya telah terjadi gempa yang menyebabkan terjadinya  sunami membuat ratusan korban jiwa dan harta benda banyak yang porak poranda di sana," ungkap Hetifa.

Seperti diketahui destinasi wisata Pantai Nirwana ini  berbasis  pantai maka kesan horor terhadap pantai harus dihilangkan dan  sebaliknya dinikmati karena merupakan anugrah tuhan.

Seperti diketahui,  sebelumnya terlihat warga sekitar gencar melakukan kegiatan kerja bakti massal (KBM) di panta ini, mulai dari membersihkan pantai, memperbaiki dan mempercantik Makam Jepang, pengecatan toilet umum dan dinding yang nantinya akan dilukis pemandangan sehingga memiliki kesan lebih berwarna dan hidup, sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung yang juga akan menikmati pantai.

Sehingga masyarakat dihidupkan lagi edukasi sejarahnya seperti dikemukakan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mujib Ridwan .
Menurut Mujib, warga secara serentak dan spontan ikut gotong royong meski tanpa adanya intruksi dari ketua RT. “Kami juga punya trik, dengan bilang mau jualan, dan ternyata mereka (warga, Red,) sekalinya kompak,” kata Mujib Ridwan kepada media ini, Senin (24/9).

Ia menambahkan, terkait kondisi kawasan Makam Jepang yang sudah banyak mengalami kerusakan dan butuh perbaikan serta perawatan akan ditindaklanjuti oleh dinas terkait.

Sementara itu, Muhammad Iwan salah seorang Caleg dari Daerah Pemilihan (Dapil) Balikpapan Timur  mengatakan, terdapat sebanyak 4 RT yang terkoneksi dalam Pantai Nirmala di kawasan Makam Jepang ini.
"Jadi beberapa warga setempat yang terdiri dari warga RT 4, 14, 18, dan RT 19,” terang Iwan.

Menurutnya untuk mewujudkan destinasi  wisata Pantai Nirwana yang lebih baik kedepan keterlibatan pihak swasta, pemerintah  dan madyarakat sekitar dapat  membantu mewujudkan harapan masyarakat setempat untuk adanya destinasi wisata baru di Lamaru dan mengembangkan atau menghidupkan kembali cagar budaya agar terjadi edukasi sejarah.

"Ya... paling tidak kita berharap semua pihak yang terkait saling bahu membahu untuk mengembang destinasi wisata ini kedepan," harap Iwan . (naim)

Tidak ada komentar: