.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Selasa, 08 Mei 2018

Disnaker Balikpapan Gelar Pemagangan Kerja Guna Kurangi Pengangguran

BALIKPAPAN, NMK — Dinas Tenaga Kerja mencatat, pengangguran di Balikpapan, Kalimantan Timur tercatat 31 ribu orang. 6.800 di antaranya sudah memiliki kartu kuning atau AK-1.


“Jumlah pengangguran di kota kita sekitar 10,39 persen atau sekira 31 ribu orang. Kalau jumah pencari kerja sebanyak 6.800 itu yang tercatat sudah memiliki kartu kuning atau AK-1,” terang Kepala Dinas Tenaga Kerja, Tirta Dewi, Senin (7/5/2018).

Menurut Tirta, data angka pengangguran itu diperoleh dari Badan Pusat Statistik Balikpapan. Sedangkan pencaker, dari Dinas Tenaga Kerja yang mengeluarkan kartu AK-1.

“Lulusan SMA/SMK mencapai 3 ribu orang, sisanya lulusan D1 hingga S2,” sebutnya.
Dalam mengurangi angka pengangguran berbagai kegiatan dilakukan, di antaranya dengan menggelar Job Market Fair, Pemagangan Kerja, Peningkatan SDM dengan pemberian motivasi untuk berwirausaha.

“Job Market Fair dan pemagangan kerja adalah salah satu upaya menekan angka laju pengangguran. Upaya lainnya masih banyak, karena bisa saja mereka yang sudah bekerja tidak melapor,” papar Tirta.

Untuk pemagangan kerja, pihaknya melibatkan 35 perusahaan. Pendaftaran dimulai hari ini hingga Selasa (8/5) di Gedung Dome Balikpapan.

Berbagai bidang kerja ditawarkan yaitu perhotelan, laboratorium, travel, kontraktor, pengembang, minyak dan gas, asuransi, akuntan, programmer dan lainnya. Lowongan magang yang tersedia untuk pencaker dengan lulusan SMA/SMK, D3 dan S1.

Selain itu, Disnaker juga tengah mempersiapkan sebuah aplikasi untuk memudahkan penyebaran informasi dan komunikasi dengan masyarakat serta stakeholder terkait. Aplikasi yang berisi layanan untuk pencaker, informasi lowongan kerja, pelaporan wajib lowongan (WL) dari perusahaan, dan sebagainya.

“Dengan aplikasi itu nantinya perusahaan tinggal lapor. Setiap ada lowongan akan diinfokan di aplikasi dan media sosial resmi Disnaker,” bilangnya.

Tirta berharap, September nanti aplikasi sudah siap untuk diluncurkan.

“Rencananya seluruh lowongan pekerjaan yang disampaikan perusahaan juga sudah terlapor ke Disnaker,” imbuhnya. (naim)

Tidak ada komentar: