.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Kamis, 01 Maret 2018

Pump House Km 12 PDAM Balikpapan Terganggu, Produksi Air Turun 20%

BALIKPAPAN,NMK - Distribusi air bersih di Kota Minyak kembali terganggu. Senin (26/2) pipa transmisi di lokasi Pump House (Rumah Pompa) Km 12, Karang Joang mengalami kebocoran. Walhasil, terjadi penurunan produksi sekitar 20 liter per detik.

Direktur Utama PDAM Balikpapan Haidir Effendi mengatakan, kemarin tim tanggap darurat dari PDAM sudah turun ke lokasi. Tim juga telah menggali di lokasi pipa yang bocor tersebut. Terjadi kerusakan pada Tee Y 700-500 milimeter steel, yaitu jalur suplai air Waduk Manggar dari Pump House ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Batu Ampar Km 8.

Dikatakannya, dalam kondisi darurat seperti ini, PDAM Balikpapan mau tidak mau melakukan proses perbaikan segera mungkin. Mengingat air baku yang terbuang cukup banyak di lokasi tersebut. Bahkan air menggenangi Pump House.

Menurutnya, kerusakan dan kebocoran pipa akibat aliran air dalam pipa transmisi terhenti secara mendadak. Sehingga, tekanan air meningkat tajam. “Sehingga, membuat pipa pecah,” beber Haidir.

Ia menuturkan, PDAM Balikpapan harus melaksanakan perbaikan mulai hari ini pukul 09.00 Wita sampai selesai. “Kami targetkan pekerjaan 1x24 jam. Lebih cepat lebih baik,” harapnya. Maka, lanjut dia, bagi pelanggan yang airnya masih mengalir diharapkan dapat menampung air.

Direksi PDAM Kota Balikpapan menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini. Terutama, bagi pelanggan yang airnya sudah tidak mengalir lebih awal akibat kondisi tersebut. Beberapa daerah mengalami gangguan distribusi air. (naim)

Tidak ada komentar: