.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Selasa, 29 Januari 2019

Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan Berulangtahun Ke-69, Kemukakan Renovasi Layanan Online



Balikpapan, NMK- Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan  menggelar upacara perayaan Hari Bhakti Imigrasi ke-69 dan Apel Deklarasi Janji Kinerja 2019 di Kantor Imigrasi I TPI Balikpapan Jalan Mulawarman No 94 Sepinggan  Balikpapan Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas I dan Rumah Detensi Imigrasi Balikpapan

Pada kesempatan itu lembaga yang khusus menangani kelengkapan administrasi warga negara baik asing maupun pribumi ini mengemukakan kondisi kinerjanya selama ini. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan Sahat Pasaribu ketika ditemui di ruang kerjanya mengatakan sejak sistem layanan online diterapkan di kantornya hasilnya sangat memuaskan. 

"Dengan sistem layanan online yang kami terapkan, maka customer yang bisa terlayani setiap harinya sebanyak 75 orang dari 97 orang yang ditargetkan sebelumnya", ungkap Sahat seusai perayaan HUT Kantor Imigrasi ke 69 di Kantornya, Senin (28/1).

Sedangkan jenis pengurusan yang paling banyak dari masyarakat yang dilayani kantor imigrasi Balikpapan, lanjut Sahat, adalah umrah dan haji. 

"Urusan haji dan umrah yang paling banyak pengurusannya di kantor kami ini, sekitar 80 persen jumlahnya dari total layanan jami", ungkap pria yang telah melanglang buana di berbagai daerah di Indonedia dalam meniti karirnya di dunia imigrasi.

Sedangkan orang-orang tua yang sudah gagap teknologi dan memiliki handphone yang jadul alias tidak menggunakan sisitem android yang sangat relevan dengan internet untuk dapat mengakses layanan sistem online, lanjut Sahat, pihaknya memakai banuan tenaga khusus dari lembaga yang ia pimpin.

Seperti diketahui sebelumnya, Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan Sejak tanggal 17 November 2017 meluncurkan aplikasi antrian on line berbasis android, yang mana aplikasi ini sangat membantu masyarakat agar tidak perlu lagi antri di Kantor Imigrasi.

Caranya cukup dengan mengunduh aplikasi antrian on line di play store, selanjutnya pemohon paspor mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan nomor antrian sesuai tempat, tanggal dan jam yang diinginkan, bagi para pemohon yang tidak memiliki aplikasi android dapat mendaftarkan di website Kantor Imigrasi balikpapan www.imigrasibalikpapan.com atau https:antrian.imigrasi.go.id.

Selain itu, Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan mulai hari sabtu tanggal 16 Desember 2017 melaksanakan layanan simpatik dalam rangka bulan Bhakti Imigrasi yang Ke 68, kegiatan ini dilaksanankan setiap hari sabtu mulai tanggal 16 Desember 2017 sampai dengan hari Sabtu 20 Januari 2018, pelayanan simpatik ini mulai dibuka pukul 08.30 sampai 13.30 WITA dan hanya melayani 50 permohonan.

Kegiatan ini juga dilaksanakan serentak oleh 33 Kantor Imigrasi se Indonesia, layanan simpatik ini adalah sumbangsih Imigrasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat yang belum terlayani atau belum sempat mengajukan permohonannya pada hari-hari kerja dapat mengajukannya dihari libur (Sabtu).(naim)

Tidak ada komentar: