.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Senin, 31 Desember 2018

IPAM Km.8 PDAM Balikpapan Stop Produksi, 50% Layanan Distribusi Air Bakal Terganggu

Balikpapan,  NMK-PDAM Kota Balikpapan mendapat keluhan distribusi air yang tidak maksimal di Komplek PGRI Ring Road perumahan bagian atas, tepatnya di Blok Q , wilayah Sumber Mulia Gunung Pipa dari RT. 61, 62, 63 dan 64,  Prona Sepinggan, Balikpapan Regency Celebration, Karang Jati Pasar wilayah atas dan daerah- daerah yang tinggi serta jauh dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) PDAM.

Staf Humas PDAM Kota Balikpapan Suryo Hadi Prabowo mengatakan dari semua keluhan tersebut Tim Teknis PDAM Kota Balikpapan sebanyak 30 orang yang terbagi menjadi  dua tim harus bekerja keras menelusuri permasalahan yang terjadi.

"Sedangkan pelanggan yang mengalami gangguan distribusi hanya dibeberapa daerah saja, terutama pelanggan daerah atas dan yang jauh dari instalasi", jelas Suryo, Senin (31/12).

Hasil pantauan dari tim teknis, jelas Suryo,  bahwa pada pipa air baku  sepanjang 7 Kilometer, telah diketemukan titik bocor baru dengan kondisi jalur yang cukup terjal dan tertutup dengan rumput semak belukar, sehingga mempersulit tim teknis menemukan titik permasalahannya.

"Akibatnya,  IPAM KM.8 Batu Ampar mengalami penurunan atau  kehilang sekitar 15 liter/detik", kata Suryo.

Ini terjadi, lanjut Sury, karena keruskan pada Pipa Transmisi Air Baku diameter 600 mm Ductile Cast Iron Pipe (DCIP) di Lokasi Hutan Transad KM.10, yaitu Jalur Pipa Air Baku yang mengirimkan Air Waduk Manggar menuju ke IPAM KM.8 Batu Ampar.

Lebih jauh ia mengatakan dari kebocoran tersebut , Tim PDAM Kota Balikpapan akan melakukan perbaikan yang direncanakan pada  Rabu, 02 Januari 2019, Jam 10.00 Wita sampai dengan selesai (target pekerjaan perbaikan 1 x 24 jam, lebih cepat lebih baik).

"Sebagai konsekwenainya,  50% Kota Balikpapan Terganggu, Daerah yang mengalami gangguan Distribusi Air : Produksi IPAM KM. 8 Batu Ampar (Seluruh Balikpapan  Utara, sebagian di Barat, Selatan, Tengah dan Timur).(naim/rilis)

Tidak ada komentar: