.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Rabu, 06 Juni 2018

Ramadhan Tahun Ini, PDAM Tirta Manggar Pastikan Pasokan Air Bersih Cukup

BALIKPAPAN, NMK - PDAM Tirta Manggar Balikpapan memastikan pada saat bulan Ramadhan stok pemakaian air baku meningkat hingga 10 persen.

Kendati demikian PDAM Balikpapan memastikan air baku cukup untuk menfasilitasi warga Balikpapan.

Haidir Effendi Direktur Utama PDAM Tirta Manggar Balikpapan mengatakan, pagi ini 10.00 debitnya Insya Allah cukup asal tidak mati listrik.

Selama Ramadhan tidak ada jadwal pemadaman air, yang sifatnya urgent baru tapi padam. Namun diupayakan tidak ada pemadaman. 

"Kalau pipanya rusak, terpaksa dimatikan dulu supaya bisa dikerjain. Untuk peningkatan produksi tidak banyak biasanya 10% selama Ramadhan," kata Haidir sembari melanjutkan dari 2 juta kubik biasanya naik jadi 2.300 kubik.

Sambungan pipa baru untuk pelanggan tergantung pipa induknya."Kalau tidak begitu bagaimana kita mau melayani. Jadi yang bisa di toleransi itu 12 meter dari pipa induk. Jadi pasang dulu pipa induknya supaya bisa mendekati angka 12 meter tadi," katanya.

Sejauh ini baru 98.000 jangkauannya, untuk pelanggan yang menunggu sekitar 4 ribu sampai 5 ribu.

Banyak seperti itu karena air bakunya tidak ada.

"Waduk Manggar kita tidak cukup, waduk Teritip itu kan sudah ada beritanya di koran masih dalam tahap pengisian. Pengisian sesuai schedule sampai Desember, target digunakan paling cepat awal tahun 2019. Jika sudah berfungsi, Bisa nambah 20 RB sambungan," ungkapnya. (naim)








Tidak ada komentar: