.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Rabu, 08 Juni 2016

Distributor Produk Carnation Edukasi Mitranya, Agar Lebih Kuat Bertahan di Tengah Maraknya Persaingan Bisnis


Balikpapan, Monitor Kaltim.com - Perusahaan distributor produk Carnation di Balikpapan dan Kalimantan Utara (Utara), yakni PT Gunung Mas (GM) dan PT Sinar Terang Mulia (STM) kembali mengedukasi para opertornya yang nota bene pelakuUMKM (Usaha Menegah Koperasi dan Mikro), tentang optimalisasi sistem pengelolaan usaha guna mendongkrak penjualan produk. .

Edukasi kepada operator tersebut diramuh dalam bentuk acara pertemuan Club Carnation yang dihadiri sekitar 40 orang para pelaku UMKM di Balikpapan, baik yag bergerak di bidang kuliner ataupun toko penjualan ( reseller).

Area Sales Manager Balikpapan dan Kaltara PT GM Jefry mengatakan Carnation Club ini juga dimaksudkan untuk lebih mempererat jalinan silaturahmi antara Distributor Carnation dengan para supporter Carnation. “Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membuat para supporter Carnataioan bisa lebih bertahan dalam bisnisnya di tengah persaingan ekonomi yang cukup luar biasa ketatnya saat ini”, ungkap Jefry pada acara Carnation Club di Hotel Menara Bahtera Balikpapan, Senin (31/5) .

Lebih jauh Jefry, menyatakan bahwa Carnation Club ini sebagai wujud sumbangsimanajemen perusahaannya dalam meningkatkan penjualan produk-produk bermerk Carnation. “Jadi UMKM ini kami buatkan kelompok untuk memudahkan kami memonitor peningkatan penjualannya. Karena impac atau dampaknya otomatis terlhat. Kalau usaha mereka lancar akan berdampak terhadap produk Nestle, khususnya Carnation”, jelas Jefry.

Oleh karena itu, menurut Jefry, di Carnation Club ini pihaknya memberikan beberapa edukasi atau pendidikan, seperti : finansial planning atau perencanaan keuangan. “Karena sebetulnya bisnis UMKM ini sudah bagus atau kuat, hanya saja kadang kala mereka tidak memiliki bisnis plan atau rencana bisnis yang bagus, makanya lewat acra ini kami edukasi mereka gara dapat membedakan biaya profit dan modal kerja serta biaya asuransi”, jelas Jefry.

Selain itu, di Carnation Club ini, lanjut Fefry, pihaknya juga melakukan edukai waralaba untuk mengembangkan bisnis mereka, agar bisa lebih kuat lagi jumlahnya makin banyak. “Jadi pendidikan tentang waralaba ini kami berikan karena setiap daerah memiliki keunikan tersendiri, khususnya kulinernya, seperti es doger”, papar Jefry.

Untuk iyu, lanjut Jefry, dengan waralaba ini pihaknya mendatangkan para ahli di bidang tersebut dari Jakarta untuk membimbing mereka tentang cara mewaralabakan usaha para pelaku UMKM tersebut”, ungkap Jefry.

Menurut Jefry para pelaku UMKM yang jadi mitranaaya ini dari sisi bisnis sudah kuat , omstnya juga sudah cukup luar biasa tapi dari segi manjemen usaha belum terlalu bagus. “Makanya dengan edukasi waralaba ini mereka bisa mempatenkan atau mendaftarkan usahanya sehinga ke depan bisa memfrachisekan atau mewaralabakan usahanya.

Pasalnya, urai Jefry, selama ini bisnis mereka pola edukasinya hanya melalui teman ke teman saja, padahal kalau mereka bisa menfatenkan usahanya maka otomatis akan bisa mewaralakan bisnisnya tersebut.

Tak kalah menariknya, tegas Jefry, memalui momen ini pihaknya juga mensosialisasikan sebuah program yang menarik dan ditawarkan kepada opertor atau Suporter Carnation yang dapat meringankan harga beli mereka terhadap prouk-produk Carnation.

“Jadi mungkin mereka di toko mendapatkan harga standar, tetapi dengan mengikuti program selling atau penjualan yang kami beri nama “Loyal Nestle” ini dapat membeli produk Carnation dengan harga di bawah standar atau lebih murah. Kami bisa memberikan discount sebesar 8,2 persen.”, ungkap Jefri.

Otomatis dengan discount sebesar 8, 2 persen ini, kata Jefri, mereka bisa memposting atau mengalokasikan dana ke kebutuhan lainnya. “Kedepannya juga kami dari Carnatjln akan mebuat sebuah arisan melalui paguyuban para operator dan ini sekaligus bisa menjadi ajang untuk memperat jalinan silturahmi mereka. Lewat arisan ini kami kemungkinan akan menghadiahkan sesuatu ke mereka seperti gerobak. Jadi setiap mereka mendapat gerobak sebagai reward dari Carnation”, papar Jefry.

Terkait dengan reward gerobak ini, kata Jefry, pihaknya akan membranding gerobak tersebut, sehingga penampilannya saat menjaul produk-produk Carnation lebih bagus kelihatan. “Selain itu, kami juga akan memberikan seragam kepada mereka, agar para operator itu kelihatan lebih exklusive dari yang lainnya. Sehingga ujung-ujungnya pelanggannya bisa lebih banyak karena bisa high cathcing atau tangkapannya terhadap konsumen”, tambah Jefry.

Di akhir acara ini, Jefry menyampaikan materi presentasinya yang berhubungan denangan program Loyal Nestle untuk mendogkrak penjaualan produk Carnation , seperti Car Kios Nstele, Konsultasi Chef dan Subsisdi Pemasangan logo Carnation di box serta seragam karyawan. (naim)

Tidak ada komentar: